#Renungan23: Memaafkan diriku yang dulu...



Beberapa waktu lalu, saya menemukan akun instagram mantan. Melihat beberapa postingannya. Kemudian merasa sedikit “kacau” lagi. Ingat masa lalu yang begitu menyakitkan. Ini sudah saya alami berkali-kali.
Saya tidak pernah menceritakannya pada siapa pun. Orang lain memandang saya sebagai seseorang yang sudah melepaskan masa lalu itu. Tidak pernah terdistrak masa lalu lagi. Saya terlihat baik-baik saja. Saya tidak pernah membicarakan apa yang saya rasakan pada orang lain. Jadi, saya tidak pernah menerima saran untuk semua itu. Kemudian, kekacauan ini saya rasakan berulang-ulang.
Semalam, saya memutuskan untuk bercerita pada seseorang. Dia memberi saran agar saya segera melepaskan rasa sakit di masa lalu. Agar hidup lebih ringan. Saya pun memikirkan saran ini. Dan, saya menyadari bahwa kesalahan saya adalah belum memaafkan diri saya yang dulu.
Dulu, saya pernah melakukan suatu kesalahan. Saya mengakuinya. Saya menyesalinya. Tapi, ternyata saya belum memaafkan diri yang bersalah waktu itu.
Diri yang belum saya maafkan waktu itu kemudian menjadi kerikil yang masih saya rasakan ketidaknyamanannya hingga sekarang. Menghambat saya untuk bahagia dan bebas. Menghambat hati saya untuk merasa lega.
Maka, saya ingin membisikkan ini pada diri sendiri, “wahai hati, maafkanlah diriku yang pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Karena aku tidak mampu mengulang masa lalu dan mencegah diriku berbuat salah. Aku hanya bisa melepaskannya. Dan, maafkanlah diriku di masa lalu.”
Saya merasa agak lega setelah menulis ini. Semoga saja setelah ini, tidak ada lagi kerikil yang tersisa. Tidak ada lagi rasa kacau yang mendera diri saya. Semoga saya lebih bahagia.

*tulisan ini untuk #1minggu1cerita dengan tema Forgiveness.



4 komentar:

  1. Memaafkan diri sendiri memang tak semudah yg dibayangkan..

    BalasHapus
  2. Sayapun lagi terus belajar memaafkan..terutama memaafkan diri sendiri 😢

    Semangat Mbak,
    Tatat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semangat mbak. :D Eh, btw Mbak Tatat kuliah di LN? Aku mau tanya-tanya kalau boleh. Hehehehe.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Google+ Followers