30DWC #Day25: Think of any word...

Think of any word. Search it on google images. Write something inspired by the 11th image.
Itulah tema hari ini. Panjang ya. Hahaha! Dan, saya memilih kata tersesat. Gambar kesebelas yang muncul adalah berikut:



Seorang yang tersesat, pasti merasakan gejala yang ditunjukkan oleh gambar. Bingung, tidak tahu harus melangkah ke mana. Pusing, tidak tahu harus berpikir atau berbuat apa. Hingga tidak fokus dan tidak mood menjalani keseharian. Mungkin ini juga gejala yang seseorang rasakan ketika “tersesat dalam jurusan kuliah”.
Setelah lulus, tidak tahu harus melangkah ke mana. Latar belakang pendidikannya memberikan pilihan pekerjaan A dan B. Sementara dia lebih senang memilih pekerjaan D dan E. Nah kan, kalau sudah begitu muncullah pusing. Tidak tahu harus berbuat apa. Dampaknya, menjalani kehidupan sehari-hari pun rasanya setengah hati. Karena tidak tahu arah mana yang akan dituju. Saya membayangkan seseorang yang hidupnya agak berantakan karena itu.
Maka, saya berpikir bahwa mengenal diri sendiri, mengetahui minat dan kesukaan, sangatlah penting diketahui oleh seseorang sejak awal. Mungkin, sejak usia sekolah.
Sayangnya, setiap hari, saya harus bertemu dengan murid les yang masih tersesat. Mereka tidak tahu harus berjalan ke mana setelah lulus. Mereka tidak tahu jurusan apa yang akan diambil. Pihak BK sekolah pun tidak banyak membantu.
Saya rasa, ada yang salah dengan sistem ini. Setiap hari, mereka dijejali dengan sesuatu tanpa menumbuhkan rasa suka. Mereka melakukan rutinitas belajar yang merupakan kewajiban. Bukan kebutuhan. Mereka melakukannya hanya karena memang harus dilakukan. Bukan karena ingin melakukan. Akhirnya, ketika mereka harus memilih mana yang ingin dipelajari dan dijadikan masa depan, mereka akan bingung. Dan, tersesat dalam tujuan hidup.
            

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Google+ Followers